Minggu, 24 Februari 2013

Materi JR, Ahad 24 feb 2013

Tema: Inspirasi Semangat Muslimah dari Gaza
By: Salim Afillah

Penduduk Palestina sebelum tahun 1995 benar-benar diperbudak oleh zionis, kenapa? karena pada saat itu penduduk Palestina "mencampakkan" Alqur'an maka Allah pun mencampakkan rakyat Palestina. Tapi, begitu seorang yang lumpuh tapi mempunyai hati yang bersih yaitu Syekh Ahmad Yasin melawan zionis Israel bukan dengan senjata melainkan dengan rajin pergi ke mesjid, membaca Alqur'an, membaca tafsir, membaca hadist sebelum melawan Israel. Tentara Israel pun menganggap remeh dengan apa yang dilakukan oleh Syekh Ahmad Yasin. Tapi, begitu rakyat Palestina melakukan amalan itu. Rakyat Palestina pun sekarang bisa berdiri tegak dihadapan para tentara Israel. Rakyat Palestina mendambakan mati Syahid. Para umahat di Palestina menanamkan indahnya syahid kepada anak-anaknya setiap hari. Mereka hidup dalam nuansa Alqur'an.

Urutan ilmu dalam mendidik anak:
  1. Aqidah; ajarkan terlebih dahulu kepada anak akan adanya keberadaan Allah baru mengajarkan kepadanya tentang shalat (sebelum usia  tahun)
  2. Akhlak
  3. Adab; tata krama daerah dia tinggal
 Taqwa terdiri dari 5 perkara:
  1. Muroqobah ; merasa dilihat, dibersamai, diawasi oleh Allah
  2. Mu'ahadah ; mengingat janji kita kepada Allah untuk berhamba kepada Nya
  3. Muhasabah  ; Mengevaluasi diri
  4. Muaqobah  ; berani menghukum diri jika melanggar 
  5. Mujahadah ; berjuang untuk istiqamah di jalan kebaikan 
Berbicara mengenai Muaqobah nabi Sulaiman a.s pernah melakukan nya. Beliau pernah lalai berdzikir kepada Allah di waktu sore. Beliau sibuk dengan ke 700 ekor kudanya. Akhirnya nabi sulaiman menIqob dirinya dengan menyembelih kudanya lalu disedekahkan. Kemudian Allah mengganti kendaraan nya yang semula kuda menjadi angin. subhanallah. 


0 komentar:

Posting Komentar

Yoyen dalam Kenangan

Yoyen dalam Kenangan

 
;